Hypothetical Learning Trajectory (HLT)
Hypothetical Lerning Trajectory terdiri
dari tiga:
ü Goal (Tujuan)
ü Activity (Aktifitas)
ü Hypothesis (Pemikiran siswa atau
student thinking)
1.
Goal : Perbandingan Trigonometri Segitiga
Siku-siku
Activity :
ü Guru menjelaskan materi tentang perbandingan
trigonometri segitiga siku-siku
ü Guru mengajak siswa untuk dapat
mengaitkan hubungan antara materi perbandingan segitiga siku-siku dan pokok
bahasan sebelumnya
ü Guru memberikan latihan soal untuk
mengasah pemahaman siswa, dan siswa menyelesaikan latihan soal tersebut
Hypothesis :
ü Sebagian siswa yang mengerti materi
sebelumnya, bisa mengerjakan latihan soal yang diberikan
ü Siswa belum bisa membedakan mana sisi
depan, sisi miring, dan sisi samping dari suatu
segitiga apabila diberikan soal dengan segitiga yang berbeda, contohnya
Guru memberikan soal untuk mencari nila-nilai
perbandingan trigonometri segitiga siku-siku:
Siswa menjawab :
·
Jika sudutnya di B siswa menduga bahwa sisi miring (a)
adalah sisi samping (c)
C

A c B
·
Jika guru memberikan soal segitiga sama kaki, dan sudutnya terletak di B, siswa
akan mengira bahwa sisi AC merupakan sisi depan sudut B.

B D C
2.
Goal : Phytagoras
Activity :
ü Guru mengulang kembali materi
phytagoras, rumus dan segitiga apa saja yang nilainya bisa dicari dengan
menggunakan phytagoras
ü Tanya jawab dengan siswa, dan
mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari
Hypothesis :
ü Guru bertanya kepada siswa “pernahkah
siswa mendengar kata phytagoras?”
Siwa
menjawab “ya dan tidak”
ü Guru kembali menanyakan kepada siswa
yang menjawab pernah mendengar phytagoras dan menyuruh siswa untuk menjelaskan
apa itu phytagoras?
Dan
apabila konsep dasar yang dimiliki siswa itu salah, guru harus menjelaskan lagi
konsep mengenai phytagoras yang menjadi materi dasar untuk melanjutkan ke
materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku
Siswa
menjawab:
·
Phytagoras
adalah penjumlahan kuadrat dalam segitiga
·
Phytagoras
adalah hasil penjumlahan kuadrat sisi tegak dan sisi samping yang menghasilkan
sisi miring
3.
Goal : Memahami sudut dalam segitiga
Activity :
ü mengulang kembali macam-macam sudut dan
ü tanya jawab dan mengaitkan materi
dengan kehidupan sehari-hari
Hyphotesis :
ü Guru bertanya kepada siswa “ada
beberapa macam sudut?”
Siswa
menjawab “sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku” jawaban seperti ini
mungkin muncul dalam pikiran siswa karena materi sudut sudah diajarkan sejak di
sekolah dasar
ü Menanyakan kepada siswa bangunan
sekitar yang ada kaitannya dengan sudut?
Misalnya:
ü “kita sekarang sedang berada diruangan
yang berbentuk apa?” siswa menjawab “balok”,
guru ”balok itu memiliki sudut yang berbentuk apa?”, siswa “ 90° ” bu…
4.
Goal : Memahami segitiga dan kesebangunan
dalam segitiga
Activity :
ü Mengulangi kembali materi segitiga dan
kesebangunan segitiga
ü Tanya jawab dan menunjukkan media
pembelajaran yang berhubungan dengan segitiga dan kesebangunan segitiga
ü Mengaitkan materi segitiga dan
kesebangunan segitiga dengan kehidupan sehari-hari
Hypothesis :
ü Sebagian siswa lupa tentang materi
kesebangunan dan mengira bahwa sebangun itu adalah sama besar atau segitiganya
sejenis
ü Guru bertanya kepada siswa sambil
menunjukkan media pembelajaran (macam2 segitiga) “apakah segitiga ini
sebangun?” siswa menjawab “sebangun, karena sama-sama segitiga sama kaki/ sama
sisi/ siku-siku”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar