Kamis, 21 Juni 2012

HLT


Hypothetical Learning Trajectory (HLT)

Hypothetical Lerning Trajectory terdiri dari tiga:
ü  Goal (Tujuan)
ü  Activity (Aktifitas)
ü  Hypothesis (Pemikiran siswa atau student thinking)

Materi: Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku-Siku
1.    Goal            : Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku-siku
Activity      :
ü  Guru menjelaskan materi tentang perbandingan trigonometri segitiga siku-siku
ü  Guru mengajak siswa untuk dapat mengaitkan hubungan antara materi perbandingan segitiga siku-siku dan pokok bahasan sebelumnya
ü  Guru memberikan latihan soal untuk mengasah pemahaman siswa, dan siswa menyelesaikan latihan soal tersebut
Hypothesis  :
ü  Sebagian siswa yang mengerti materi sebelumnya, bisa mengerjakan latihan soal yang diberikan
ü  Siswa belum bisa membedakan mana sisi depan, sisi miring, dan sisi samping dari suatu segitiga apabila diberikan soal dengan segitiga yang berbeda, contohnya
Guru memberikan soal untuk mencari nila-nilai perbandingan trigonometri segitiga siku-siku:
Siswa menjawab :
·        Jika sudutnya di B siswa menduga bahwa sisi miring (a) adalah sisi samping (c)  
C
b        a

A       c        B
·        Jika guru memberikan soal segitiga sama kaki, dan sudutnya terletak di B, siswa akan mengira bahwa sisi AC merupakan sisi depan sudut B.
                    A      




B                 D                 C

2.    Goal            : Phytagoras
Activity      :
ü  Guru mengulang kembali materi phytagoras, rumus dan segitiga apa saja yang nilainya bisa dicari dengan menggunakan phytagoras
ü  Tanya jawab dengan siswa, dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari
          Hypothesis  :
ü  Guru bertanya kepada siswa “pernahkah siswa mendengar kata phytagoras?”
Siwa menjawab “ya dan tidak”
ü  Guru kembali menanyakan kepada siswa yang menjawab pernah mendengar phytagoras dan menyuruh siswa untuk menjelaskan apa itu phytagoras?
Dan apabila konsep dasar yang dimiliki siswa itu salah, guru harus menjelaskan lagi konsep mengenai phytagoras yang menjadi materi dasar untuk melanjutkan ke materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku
Siswa menjawab:
·        Phytagoras adalah penjumlahan kuadrat dalam segitiga
·        Phytagoras adalah hasil penjumlahan kuadrat sisi tegak dan sisi samping yang menghasilkan sisi miring

3.    Goal            : Memahami sudut dalam segitiga
Activity      :
ü  mengulang kembali macam-macam sudut dan
ü  tanya jawab dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari
Hyphotesis  :
ü  Guru bertanya kepada siswa “ada beberapa macam sudut?”
Siswa menjawab “sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku” jawaban seperti ini mungkin muncul dalam pikiran siswa karena materi sudut sudah diajarkan sejak di sekolah dasar
ü  Menanyakan kepada siswa bangunan sekitar yang ada kaitannya dengan sudut?
Misalnya:
ü  “kita sekarang sedang berada diruangan yang berbentuk apa?” siswa menjawab “balok”,  guru ”balok itu memiliki sudut yang berbentuk apa?”, siswa “ 90° ” bu…

4.    Goal            : Memahami segitiga dan kesebangunan dalam segitiga
Activity      :
ü  Mengulangi kembali materi segitiga dan kesebangunan segitiga
ü  Tanya jawab dan menunjukkan media pembelajaran yang berhubungan dengan segitiga dan kesebangunan segitiga
ü  Mengaitkan materi segitiga dan kesebangunan segitiga dengan kehidupan sehari-hari
Hypothesis  :
ü  Sebagian siswa lupa tentang materi kesebangunan dan mengira bahwa sebangun itu adalah sama besar atau segitiganya sejenis
ü  Guru bertanya kepada siswa sambil menunjukkan media pembelajaran (macam2 segitiga) “apakah segitiga ini sebangun?” siswa menjawab “sebangun, karena sama-sama segitiga sama kaki/ sama sisi/ siku-siku”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar