RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII
(tujuh) / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (90 menit)
Peserta didik dapat mengerti, memahami dan menghitung jumlah sudut dalam
setiap bangun datar dengan satu satuan segitiga
B. Materi Ajar
a.
Macam-macam bangun datar,
antara lain: segitiga, persegi, trapesium, jajar genjang, layang-layang, belah
ketupat, segi lima, segi enam, dll
b.
Jumlah sudut dalam segitiga
dan pembuktian jumlah sudut dalam bangun datar menggunakan
C.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi dan Demonstasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru menanyakan kepada siswa
macam-macam bangun datar, dan guru kembali mengulang macam-macam bangun datar.
·
Guru menjelaskan tujuan yang
akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
·
Guru memeberikan motivasi
kepada siswa terkait dengan materi yang akan diajarkan.
Kegiatan Inti
·
Guru bersama-sama dengan
siswa mendemostrasikan materi dengan media pembelajaran yang akan digunakan
dalam proses pembelajaran
·
Siswa ditunjuk membuat
bermacam-macam segitiga sembarang dan bangun datar yang lainnya yang akan
menjadi permasalahan bagi siswa
·
Siswa mendiskusikan
permasalahan yang telah guru berikan pada lembar kerja siswa (LKS).
·
Guru membimbing siswa dalam
proses diskusi
·
Siswa mempersentasikan hasil
diskusi mereka
·
Guru menjadi fasilitator
dalam diskusi yang meluruskan jawaban yang salah dan memberikan balikan dan
penguatan kepada jawaban yang benar.
·
Guru menyuruh siswa untuk
menyimpulkan hasil diskusi
Penutup
·
Guru mengkonfirmasi hasil
kerja siswa
·
Peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran atau merefleksikannya. Refleksi tersebut bertujuan untuk
mengetahui
apakah siswa telah memahami materi pembelajaran hari ini dan tujuan pembelajaran apakah telah
tercapai atau belum
·
Guru memberikan tugas seperi pekerjaan rumah
tentang materi hari ini.
E. Alat dan Sumber Belajar
Alat Belajar :
·
Geogebra
·
Komputer
(Laptop)
·
LCD
Sumber Belajar :
·
Lembar
kerja siswa (LKS)
·
Buku
Paket (Pedoman)
·
Internet
F. Penilaian
·
Tugas individu
·
keaktifan diskusi
·
Tugas/PR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar