RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit

A.
Standar
Kompetensi : 2. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan
fungsi,
persamaan dan fungsi kuadrat serta
B.
Kompetensi
Dasar : 2. 1. Memahami konsep
fungsi.
C.
Indikator :
1.
Memahami
sifat-sifat fungsi
2.
Mampu
membedakan fungsi tersebut sesuai dengan sifat-sifat fungsi
3.
Menentukan
domain, kodomain dan range dari suatu fungsi
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Peserta
didik mampu memahami sifat-sifat fungsi
2.
Peserta
didik dapat membedakan fungsi tersebut sesuai dengan sifat-sifat fungsi
3.
Peserta
didik mampu menentukan domain, kodomain dan range dari suatu fungsi.
E.
Materi
Ajar :
1. Fungsi.
2. Sifat-sifat Fungsi.
F.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan
Pembelajaran : PMRI, kontruktivisme
2. Metode
Pembelajaran : Diskusi
Kelompok kecil, Ceramah, Tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi :
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang
aktivitas belajarnya pada pertemuan sebelumnya? menanyakan apa yang mereka
dapatkan setelah pembelajaran sebelumnya? Atau melakukan pretest sebelum memuai
pelajaran? bertanya apa yang telah mereka baca untuk pertemuan hari ini? dan
menanyakan apakah menemui kendala dalam pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
atau saat belajar sendiri dirumah?
Motivasi :
Guru
memberikan suatu cerita atau realita dalam kehidupan sehari-hari yang
berhubungan dengan materi yang akan dipelajari, sehingga memicu semangat siswa
untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan
pembelajaran :
Guru memaparkan secara jelas tujuan pembelajaran
agar siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran ini.
Tujuan pembelajaran bisa berisikan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa
setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
:
Guru
memberikan suatu cerita atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari untuk di
diskusikan mencari pemecahannya sehingga dapat merangsang pemikiran peserta
didik dan peserta didik dapat menggunakan pemahaman sebelumnya dengan
penjelasan yang diberikan oleh guru, penjelasan yang guru berikan seharusnya
bersifat membimbing siswa untuk dapat menemukan rumus sendiri (guide
reinvitation).
“Ibu
saleh membelikan sepatu untuk ponakannya dengan data ukuran seperti dibawah
ini. Ria mempunyai sepatu berukuran 37, Dia mempunyai sepatu berukuran 36, Ema
mempunyai sepatu Berukuran 38 dan Fajriyah mempunyai sepatu berukuran 38”. Dari
masalah ini siswa ditanya apa konsep matematika yg bisa dibuat dari
permasalahan diatas. Setelah itu, guru membimbing siswa untuk bisa membedakan
berbagai pemetaan berdasarkan sifat-sifat .
Elaborasi
:
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan pemecahan masalah dari masalah yang diberikan, bertindak
sebagai guru menjelaskan kepada teman-temannya, dan guru memberikan penekanan,
penguatan, atau pembalikan untuk setiap penjelasan yang benar, dan meluruskan
jawaban yang salah. Peserta didik diberikan masalah baru baik berbentuk soal,
atau masalah dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik bersama-sama guru
menyelesaikan masalah bisa dengan tanya jawab, dll
Konfirmasi
:
Guru menanyakan kesimpulan dari diskusi yang berjalan dan
kembali
memberikan penguatan, balikan untuk kesimpulan yang benar atau meluruskan
jawaban yang salah. Guru menanyakan hal-hal yang belum diketahui peserta didik
dan jelaskan hal-hal yang belum diketahui peserta didik.
Penutup
·
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi pembelajaran hari ini, misalnya pengertian fungsi, sifat-sifat fungsi,
contoh fungsi dalam kehidupan sehari-hari, dll
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi,
yang bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan dari pembelajaran hari ini telah
tercapai atau belum
H. Alat
dan Sumber BelajarAlat:
·
LCD
·
Laptop
·
OHP
·
Media pembelajaran ict maupun non-ict
Sumber :
·
Buku
paket
·
LKS
·
Internet
·
Media
·
Dll
I. Penilaian
·
Keaktifan siswa dalam diskusi
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
·
Pekerjaan rumah (pr)
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar